SISTEM BERORIENTASI OBJECT


SISTEM BERORIENTASI OBJECT
UML

Unified Modeling Language (UML) adalah bahasa spesifikasi standar untuk mendokumentasikan, menspesifikasikan, dan membangun sistem kPerangkat Lunak.
Pendahuluan
Unified Modeling Language (UML) adalah himpunan struktur dan teknik untuk pemodelan desain program berorientasi objek Object Oriented Programming|OOP serta aplikasi nya.             David M. Kroenke, ''Database Processing''  UML adalah metodologi  untuk mengembangkan sistem OOP dan sekelompok perangkat ''tool'' untuk mendukung pengembangan sistem tersebut.           UML mulai diperkenalkan oleh Object Management Group, sebuah organisasi yang telah mengembangkan [[model]], [[teknologi]], dan standar OOP sejak tahun 1980-an.                      Sekarang UML sudah mulai banyak digunakan oleh para praktisi OOP.  merupakan dasar bagi perangkat ''tool'' desain berorientasi objek dari IBM.

UML adalah suatu bahasa yang digunakan untuk menentukan, memvisualisasikan, membangun, dan mendokumentasikan suatu sistem informasi.  Rama, Jones, ''Sistem Informasi Akuntansi'' halaman 78. Salemba. UML dikembangkan sebagai suatu alat untuk analisis dan desain berorientasi objek oleh Grady Booch, Jim Rumbaugh, dan Ivar Jacobson. Namun demikian UML dapat digunakan untuk memahami dan mendokumentasikan setiap sistem informasi. Penggunaan UML dalam industri terus meningkat. Ini merupakan standar terbuka yang menjadikannya sebagai bahasa pemodelan yang umum dalam industri peranti lunak dan pengembangan sistem.










Diagram UML
UML menyediakan 10 macam diagram untuk memodelkan aplikasi berorientasi objek, yaitu:  Ir. M. FARID AZIS, M. Kom, ''Object Oriented Programming ''.

* '''Use Case Diagram''' untuk memodelkan proses bisnis.
* '''Conceptual Diagram''' untuk memodelkan konsep-konsep yang ada di dalam aplikasi.
* '''Sequence Diagram''' untuk memodelkan pengiriman pesan (''message'') antar ''objects''.
* '''Collaboration Diagram''' untuk memodelkan interaksi antar ''objects''.
* '''State Diagram''' untuk memodelkan perilaku ''objects'' di dalam sistem.
* '''Activity Diagram''' untuk memodelkan perilaku ''Use Cases'' dan ''objects'' di dalam ''system''.
* '''[[Class Diagram]]''' untuk memodelkan struktur kelas.
* '''Object Diagram''' untuk memodelkan struktur ''object''.
* '''Component Diagram''' untuk memodelkan komponen ''object''.
* '''Deployment Diagram''' untuk memodelkan distribusi aplikasi.

Berikut akan dijelaskan 4 macam diagram yang paling sering digunakan dalam pembangunan aplikasi berorientasi object, yaitu ''use case diagram, sequence diagram, collaboration diagram, dan class diagram''.




Use Case Diagram
'''Use case diagram''' digunakan untuk memodelkan bisnis proses berdasarkan perspektif pengguna sistem.  case diagram terdiri atas diagram untuk use case dan ''actor''.  ''Actor'' merepresentasikan orang  yang akan mengoperasikan atau orang yang berinteraksi dengan sistem aplikasi.

Use case merepresentasikan operasi-operasi yang dilakukan oleh ''actor''.  case digambarkan berbentuk elips dengan nama operasi dituliskan di dalamnya. ''Actor'' yang melakukan operasi dihubungkan dengan garis lurus ke use case.

Sequence Diagram
'''Sequence diagram''' menjelaskan secara detail urutan proses yang dilakukan dalam sistem untuk mencapai tujuan dari use case: interaksi yang terjadi antar ''class'', operasi apa saja yang terlibat, urutan antar operasi, dan informasi yang diperlukan oleh masing-masing operasi. Julius Hermawan, ''Analisa Desain & Pemrograman Berorientasi Obyek dengan UML dan Visual Basic.NET''. ANDI dan Art.

Collaboration Diagram
'''Collaboration diagram''' dipakai untuk memodelkan interaksi antar object di dalam sistem. Berbeda dengan sequence diagram yang lebih menonjolkan kronologis dari operasi-operasi yang dilakukan, collaboration diagram lebih fokus pada pemahaman atas keseluruhan operasi yang dilakukan oleh object.

Class Diagram
'''Class diagram''' merupakan diagram yang selalu ada di permodelan sistem berorientasi objek.  Class diagram menunjukkan hubungan antar ''class'' dalam sistem yang sedang dibangun dan bagaimana mereka saling berkolaborasi untuk mencapai suatu tujuan.



Nama    :  Basuki Hady
Kelas     : 1KA27
NPM      : 18111482

Tidak ada komentar:

Posting Komentar