Kelebihan dan kekurangan sistem


Kelebihan    pemrograman berorientasi objek

* Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.

    * OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.

    * Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.

    * Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika Serikat juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.

    * Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).
 
kekurangan pemrograman berorientasi objek

    * Tulis sekali, perbaiki di mana saja - Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.

    * Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.

    * Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.

http://sufroni.blogspot.com/2010/05/kelebihan-kekurangan-pemrograman.html



















Kelebihan dan Kelemahan Object Oriented Programming dibanding Structural Programming
Pengembangan perangkat lunak menuntut keahlian teknis yang tinggi, ketekunan luar biasa, serta kemampuan mengelola proyek yang memadai. Di masa lalu, pengembangan perangkat lunak memakan waktu yang lama, biaya yang melebihi perkiraan, kurang memenuhi harapan dan kebutuhan pengguna dan yang paling parah banak perangkat lunak yang tidak bisa digunakan setelah selesai dikembangkan karena jauh dari apa yang diharapkan pengguna.
Pada saat ini, perangkat lunak yang dikembangkan harus mampu mengakomodasi perubahan-perubahan yang terjadi sangat cepat terutama untuk merespon perubahan lingkungan bisnis dan kebutuhan pengguna yang berubah dengan cepat. Oleh karena itu diperlukan metode pengembangan perangkat lunak yang lebih sesuai. Metode terstruktur yang selama ini digunakan dirasakan kurang memadai lagi.
Dalam pengembangan perangkat lunak dengan metode terstruktur, para perancang mulai dengan mengembangkan blok-blok standar kode untuk melakukan operasi tertentu, kemudian menyalinnya ke aplikasi lain yang ditulis. Hal tersebut menyulitkan saat terjadi perubahan pada blok-blok kode awal, sebab pengembang harus menyalinnya dimanapun kode awal tersebut disalin, yang pada akhirnya menjadikan waktu pengembangan lebih lama.
Pemrograman berorientasi obyek (Object Oriented Programming-OOP) dipandang merupakan kerangka kerja yang paling baik saat ini untuk menggantikan metode terstruktur. Dengan OOP para pengembang menciptakan blokblok kode yang dinamakan objek. Objek-objek ini kemudian digunakan oleh berbagai aplikasi. Dan apabila suatu saat terjadi perubahan, para pengembang hanya melakukan perubahan sekali saja dan dengan mudah mewariskannya ke objek lain yang menjadi turunannya.
Paradigma OOP adalah para pengembang membagi aplikasi-aplikasi yang besar menjadi objek-objek yang mandiri satu terhadap lainnya. Karena OOP menggunakan paradigma yang berbeda dengan pemrograman terstruktur, maka dibutuhkan tool yang berbeda pula. Salahsatu tool tersebut adalah UML (Unified Modelling Language). UML merupakan tool yang sangat sesuai karena konsep dasarnya adalah memodelkan kelas-kelas beserta atribut di dalamnya bersamaan dengan relasi-relasi yang terjadi antar kelas yang bersangkutan. Selain itu, UML memungkinkan pengembang sistem untuk melakukan perancangan hingga ke model fisik perangkat keras (misalnya pada jaringan komputer).
Kelebihan pada umumnya
- Sistem yang dibangun lebih handal (robust).
- Memiliki gambaran yang lebih baik tentang dunia nyata.
Kelemahan pada umumnya
- Sulit untuk menggambarkan kelakuan dari sistem secara keseluruhan disebabkan oleh karena kelas adalah kesatuan yang bersifat low-level.




Software

Software merupakan kode program yang disusun sedemikian rupa secara sistematis untuk mencapai suatu tujuan. Pada setiap sistem komputer harus terdapat software karena tanpa software interaksi antara brainware dengan hardware tidak memungkinkan. Dari segi fungsinya software dapat dikelompokkan kedalam:
1. Sistem operasi (operating system)
Sistem operasi merupakan software yang digunakan untuk mengelola sumber daya – sumber daya (resources) komputer. Dari segi pengaksesannya software sistem operasi dapat dibagi atas dua bagian yaitu:
- sistem operasi server
- sistem operasi client
2. Bahasa pemrograman (programming language)
Software yang digunakan untuk merancang software-software pada suatu sistem komputer. Dari segi kemiripannya dengan bahasa manusia, software bahasa pemrograman dapat dikelompokkkan kedalam:
- bahasa pemrograman tingkat rendah, cth : bahasa mesin
- bahasa pemrograman tingkat menengah, cth : bahasa assembly
- bahasa pemrograman tingkat tinggi, cth : bahasa pascal, c, prolog, fortran, cobol
- bahasa pemrograman tingkat sangat tinggi, cth : visual basic, delphi, foxpro, visual c++
Dari struktur datanya, bahasa pemrograman juga dapat dikelompokkan kedalam:
- bahasa pemrograman terstruktur, cth : pascal, c, cobol
- bahasa pemrograman berbasis obyek, cth : visual basic, visual C#, visual c++, visual web developer
- bahasa pemrograman tidak terstruktur, cth : Structured Query Language
3. Aplikasi (application)
Software yang dibentuk untuk menjalankan fungsi tertentu seperti pengolahan kata, angka, presentasi, animasi, multimedia dan sebagainya. Berdasarkan fungsinya aplikasi dapat dikelompokkan kedalam:
- aplikasi pengolah kata (word processing application), cth : Microsfot Word
- aplikasi pengolah data (database processing application), cth : Microsfot Access
- aplikasi pengolah angka (numerical processing application), cth : Microsfot Excel
- aplikasi pengolah gambar (image processing application), cth : Photoshop
- aplikasi pengolah animasi (animation processing application), cth : Flash
- aplikasi pengolah suara (audio processing application), cth : Jet Audio
- aplikasi pengolah multimedia (multimedia processing application), cth : 3D Max
- aplikasi pengolah presentasi (presentation processing application), cth : Microsfot Power Point
- aplikasi pengolah statistik (statistic processing application), cth : SPSS
- aplikasi pengolah matematika (mathematic processing application), cth : Matlab
- dsb
4. Utiliti (Utility)
Software yang digunakan untuk mendayagunakan fungsi-fungsi komputer dan fungsinya sangat spesifik seperti register, defragmenter, norton utiliti dan sebagainya.



Sumber :  http://prodisi.wordpress.com/category/tanya-jawab-si/pengantar-komputer/apa-itu-software/




Testing Tools Hardware Untuk Hard Drive
Sebelum bicara lebih jauh tentang Testing Tools Hardware, apakah Anda paham betul apa itu Hard Disk Drive? Hard disk drive adalah penyimpanan data utama dalam komputer. Sistem operasi, software dan file yang terbanyak lainnya disimpan di hard disk drive. Hard Disk Drive adalah Juga Dikenal Sebagai; HDD (singkatan), hard drive, hard disk, fixed drive, fixed disk, fixed disk drive. Masalah yang sering muncul adalah ketika hard disk rusak, kadang-kadang susah untuk memastikan bahwa hard disk memang benar-benar rusak. Oleh karena itu Anda membutuhkan software untuk mengetes kerusakan hard drive.
Ada banyak free tools tes hard drive yang tersedia untuk membantu Anda menentukan, menduga kemungkinan masalah dengan hard drive. Beberapa alat ini sudah merupakan bawaan sistem operasi Anda, sementara lainnya disediakan dari produsen hard drive. Catatan: Jika salah satu dari tool tes berikut sudah menunjukkan hasil negatif, segeralah ganti hard drive Anda. Inilah alat tes tersebut;
  1. Seagate SeaTools. Seagate SeaTools adalah perangkat lunak pengujian hard drive yang tersedia dalam dua bentuk: (1) SeaTools for DOS yang berjalan independen pada sistem operasi Anda pada CD atau disk sendiri, sehingga sangat handal. Tools ini berjalan pada program DOS. Artinya dijalankan tidak melalui sistem operasi windows. (2) SeaTools untuk Windows adalah program yang diinstall pada sistem Windows Anda. Artinya dijalankan melalui sistem operasi windows . Tes tool ini tidak hanya untuk merk Seagate dan Maxtor saja tetapi juga untuk merk lain.
  2. Hitachi Drive Fitness Test. Hitachi Drive Fitness Test adalah perangkat lunak untuk diagnostik hard drive. Perangkat lunak Hitachi Drive Fitness Test tersedia sebagai file ISO yang dapat dibakar ke CD dan kemudian digunakan untuk boot komputer. Catatan: Anda tidak harus memiliki hard drive Hitachi menggunakan Drive Fitness Test (DFT).
  3. Microsoft Windows Built-In Error Checking. Memeriksa kesalahan, kadang-kadang disebut sebagai scandisk, adalah alat uji hard drive yang sudah tersedia pada Microsoft Windows yang dapat mendiagnosa hard drive anda dalam mencari berbagai kesalahan. Alat ini juga dapat mencoba untuk memperbaiki beberapa masalah hard drive.
  4. Samsung HUTIL. Samsung HUTIL adalah utilitas gratis diagnostik hard drive untuk hard drive Samsung. HUTIL kadang-kadang disebut ES-Tools. Samsung tool HUTIL tersedia sebagai file ISO untuk dibakar ke CD. Hal ini membuat sistem operasi HUTIL independen dan alat pengujian yang lebih baik, daripada yang dirancang untuk berjalan dalam Windows. Ini juga mungkin untuk menjalankan HUTIL dari disket bootable. Catatan: HUTIL hanya akan menguji Samsung hard drive saja.
  5. Western Digital Data Lifeguard Diagnostic. Western Digital Data Lifeguard Diagnostik adalah perangkat lunak pengujian hard drive yang dirancang secara untuk merek Western Digital hard drive. Western Digital Data Lifeguard Diagnostik tersedia dalam format bootable ISO dan memungkinkan untuk beberapa tes hard drive. Lihat petunjuk instalasi dari Western Digital untuk rincian penggunaannya. Catatan: Walaupun Data Lifeguard Diagnostik dirancang khusus untuk hard drive merk yang sama, dalam penerapannya ternyata dapat berfungsi dengan baik pada diagnostik pada hard disk dari produsen lain, tetapi drive utama di komputer harus drive Western Digital.
Jika anda ingin menggunakan salah satu dari software di atas, mudah saja tinggal ketik nama softwarenya di web browser dan anda pasti akan mendapatkannya. Jika anda mau jalan pintas, silakan kunjungi alamat ini;

Sumber : http://pcsupport.about.com/od/toolsofthetrade/tp/tophddiag.htm




Malicious Software Removal Tool Pada Windows Update


Update Malicious Software Removal Tool ini dikirim hampir setiap bulan. Saya biasanya mendownload dan menginstalnya secara otomatis. Tapi update apa sebetulnya ini, dan apa yang dilakukannya? Apakah dia menjalankan sesuatu secara otomatis atau apakah ada yang harus diaktifkan?
Update Malicious Software Removal Tool (MSRT) dari Microsoft ini memang masih agak misterius. Makhluk ini sering muncul pada notifikasi Windows Update, terinstal secara otomatis, lalu…
Tidak terjadi apa-apa?
Tidak juga sih. Coba kita lihat apa kata Microsoft, bagaimana interpretasi saya, dan apa yang dikerjakan si MSRT ini.
Menurut Microsoft :
The Microsoft Windows Malicious Software Removal Tool checks computers running Windows Vista, Windows XP, Windows 2000, and Windows Server 2003 for infections by specific, prevalent malicious software-including Blaster, Sasser, and Mydoom-and helps remove any infection found. When the detection and removal process is complete, the tool displays a report describing the outcome, including which, if any, malicious software was detected and removed.
Tapi apa maksudnya? Apakah MSRT ini sejenis antivirus? Anti spyware? Apakah kita masih perlu antivirus dan anti spyware terpisah kalau sudah menginstal MSRT?
Menurut saya, MSRT ini memiliki sebagian kecil fungsi antivirus dan anti spyware, tapi sama sekali bukan pengganti keduanya.
Saya cenderung percaya kalau MSRT ini ada karena walaupun serangan virus dan spyware sudah lama ada tapi orang kebanyakan tetap tidak memiliki ataupun melakukan penangkalan.
Pertama perlu disadari bahwa definisi “spyware” dan “virus” selama ini memang tidak jelas dan membingungkan. Itu sebabnya istilah malware sebetulnya lebih tepat; malicious software (kira-kira terjemahan lokalnya adalah software berbahaya). Istilah ini tepat untuk mewakili virus maupun spyware.
Seperti saya sebutkan tadi, MSRT ada karena kebanyakan orang tidak memiliki dan menjalankan anti malware pada komputernya. Dalam dunia komputer dan internet sekarang ini, masalah malware meningkat pesat dalam kuantitas maupun kualitas serangannya, namun tetap banyak orang yang tidak terlalu peduli. Sampai komputer mereka mulai “flu” dan akhirnya tidak bisa dipakai sama sekali.
MSRT fokus pada varian serangan terbaru dan paling mengganggu, dan menghapusnya saat ditemukan. MSRT tidak melakukan scanning berkala, tidak meng-update dirinya, tidak melakukan monitoring, dan hal-hal lain yang biasa dilakukan antivirus dan anti spyware pada lazimnya. MSRT hanya berjalan sesaat ketika diinstal pada komputer, mencari ancaman yang sudah diketahui berdasarkan predefined sets dan menghapusnya kalau ditemukan.
Dan karena MSRT ini bagian dari Windows Update, maka kemungkinannya banyak orang yang memperoleh dan menggunakannya secara otomatis tanpa disadari.
Tidak jelas juga seberapa sering MSRT ini dijalankan, penjelasan Microsoft dapat diartikan bahwa MSRT dijalankan hanya sebulan sekali (saat anda mengunduhnya sebagai Windows Update).
Satu hal yang jelas adalah MSRT ini memberikan feedback ke Microsoft tentang temuannya. Perilaku ini dilakukan secara anonim, artinya tidak ada informasi tentang anda atau komputer anda yang dilaporkan. Data ini digunakan Microsoft untuk melacak malware yang ditemukan. Sekali lagi, seperti dikutip dari Microsoft:
The Malicious Software Removal Tool will send basic information to Microsoft if the tool detects malicious software or finds an error. This information will be used for tracking virus prevalence. No identifiable personal information that is related to you or to the computer is sent together with this report.
MSRT tidak harus diaktifkan. Dia dijalankan hanya pada saat diunduh dan kemudian diinstal.
MSRT juga tidak dapat menggantikan fungsi software antivirus dan anti spyware. Jadi anda tetap harus memastikan bahwa software-software ini terpasang, teraktifkan, dan ter-update dengan benar pada komputer anda. Terlepas dari apa yang dikerjakan MSRT.



Sumber : http://d.metacamp.us/274/apa-itu-malicious-software-removal-tool-pada-windows-update.html


NAMA            :BASUKI HADY
KELAS             :1KA27
NPM               :18111482                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar