Ciri-Ciri, Unsur Dan Teori Organisasi

>Ciri-Ciri Organisasi :
Adapun ciri-ciri organisasi adalah sebagai berikut?
1. Adanya komponen (atasan dan bawahan)
2. Adanya kerjasama (cooperative yang berstuktur  dari sekelompok orang)
3. Adanya tujuan
4. Adanya sasaran
5. Adanya keterikatan format dan tatatertib yang harus di taati
6. Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas

>Unsur Organisasi :
1. Man: orang-orang dalam kehidupan organisasi atau ketatalembagaan sering di sebut dengan istilah pegawai atau personel.
2. Kerjasama: kerjasama merupakan suatu perbuatan saling bantu-membantu akan suatu perbuatan yang di lakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama.
3. Tujuan Bersama: tujuan merupakan arah atau sasaran yang di capai, tujuan menggambarkan sesuatu yang ingin di capai dan mengharapkan sesuatu yang di harapkan itu tercapai.
4.Peralatan (equipment): terdiri dari semua sarana berupa materi, mesin-mesin, uang, dan modal barang lainnya.
5. Lingkungan (evironment): faktor lingkungan misalnya kaeadan sosial, budaya, ekonomi, tekhnologi.
6. Kekayaan Alam: yang termasuk dalam kekayaan alam ini misalnya keadaan iklim, udara, air, cuaca, (geografi, hidrografi, geologi, klimatologi), flora dan fauna.

>Teori Organisasi :
1. Teori Organisasi Klasik:  di sebut juga teori tradisional atau di sebut juga teori mesin, teori ini berkembang 1800-an (abad 19). Dalam teori ini organisasi digambarkan sebuah lembaga yang tersentralisasi dan tugas-tugasnnya terspesialisasi serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreatifitas.
Teori organisasi klasik sepenuhnya menguraikan anatomi organisasi formal , empat unsur pokok yang selalu muncul dalam organisasi formal sebagai berikut?
*Sistem kegiatan yang terkoordinasi
*Kelompok orang
*Kerjasama
*Kekuasaan dan kepemimpinan
2. Teori Neoklasik : teori ini di sebut juga  dengan teori hubungan manusiawi. Teori ini muncul akibat ketidakpuasan dengan teori klasik dan teori merupakan penyempurnaan teori klasik. Teori ini menekankan pada “pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu ataupun kelompok kerja”.
Dalam pembagian kerja neoklasik perlu memandang:
*Partisipasi
*Perluasan kerja
*Manajemen bottom_up
3. Teori Modern : teori ini di sebut juga dengan teori analisa sistem atau teori terbuka yang memadukan teori klasik dan teori neoklasik, Teori Organisasi Modern melihat bahwa semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan yang saling bergantung dan tidak bisa dipisahkan.



Sumber :http://dhanudarmawan41.wordpress.com/2012/01/08/ciri-ciri-unsur-dan-teori-organisasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar