Manusia Dan Keadilan

                                                              MANUSIA DAN KEADILAN

                Manusia adalah bagian dari keadilan , manusia dapat menciptakan keadilan  untuk dirinya maupun untuk orang lain. Sebagai manusia hendaknya  kita dapat saling memberikan rasa keadilan. Menghargai hak maupun kewajiban adalah tonggak terciptanya keadilan. Maka dari itu  mulailah kita sebagai manusia un tuk bersikap adil bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.
Keadilan adalah bersikap dan berlaku dalam keseimbangan. Keseimbangan pun meliputi antara lain, keseimbangan hak dan keseim bangan kewajiban dan keserasian dengan sesama makhluk. Yang menjadi hak setiap manusia adalah di akui dan di pelakukan sesuai harkat dan martabat yang derajatnya sama di mata Tuhan.                                                                                                           
            Keadilan dalam kehidupan manusia adalah  sangat prinsip  dan di manapun  tidak mengenal waktu dan tempat , slalu di perjuangkan. Keadilan adalah  bagian dari hak asasi yang telah  di mliki manusia sejak di lahirkan tanpa perbedaan. Terkadang manusia merasa bahwa hidup ini tidak adil, sebenarnya bukan hidupnya yang tidak adil, melainkan mungkin lingkungan hidupnya yang kurang memberikan rasa adil atau mungkin  dirinya sendiri yang sulit untuk bersikap adil dengan sesama masyarakat. Kita pun bisa menuntut sebuah keadilan yang sudah menjadi hak kita, asalkan kita pun sudah melaksanakan kewajiban kita untuk mendapatkan ssesuatu yang sudah menjadi hak kita.
              Banyak masyarakat atau warga negara yang meminta keadilan pada pemerintahan bangsanya, karna terkadang warga negara merasa tidak mendapatkan keadilan dari bangsanya sendiri, mungkin itu di sebabkan oleh orang-orang yang hanya mementingkan kepentingan dirinya sendiri dan mengorbankan keadilan wrga negaranya sendiri. Akibat dari timbulnya ketidak adilan di dalam warga negara adalah banyak demo-demo mayarakat yang menuntut keadilan dan hak sebagai warga negara. Lalu banyaknya kerusuhan-kerusuhan mahasiswa atau masyarakat yang menuntut keadilan pada pemerintahan negara, semua di lakukan karna mereka merasa belum mandapat keadilan dan hak mereka sebagai warga negara. Oleh sebab itu sangat pentingnya keadialan dalam kehidupan bermayarakat, mjangan sampai ketidak adilan itu timbul di lingkungan hidup kita yang dapat menyebabkan hal-hal yang dapat menimbulkan kearnakisan. Mari dari sejak dini kita memulai belajar tentang keadilan, agar kita dapat di senangi oleh lingkungan hidup kita dalam hidup bermasyarakat.


Nama: Basuki Hady
Kelas: 1KA27
NPM: 18111482

Tidak ada komentar:

Posting Komentar