manusia dan kebudayaan

                                                             MANUSIA

                 Manusia merupakan kumpulan dari berbagai sistem fisik yang saling terkait satu sama  lain dan merupakan kumpulan dari energi, manusia merupakan makhluk biologis yang tergolong dalam golongan makhluk mamalia. Manusia merupakan makhluk yang ingin memperoleh keuntungan atau selalu memperhitungkan setiap kegiatan sering disebut homo economicus. Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri, dan manusia termasuk makhluk yang selalu ingin mempunyai kekuasaan, manusia pun termasuk makhluk yang memiliki kebudayaan dan makhluk yang berbudaya.
4 Unsur-Unsur yang membangun manusia:
1. Jasad
2. Ruh
3. Hayat
4. Nafas

                                                           KEBUDAYAAN
                 
                 Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu Buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari Buddhi (budi atau akal), di artikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian, nilai, norma, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius dan lain-lain. Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalam nya mengandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat. Kebudayaan bisa di artikan juga dengan pengertian, yaitu sistem pengetahuan yang meliputi ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan itu bersifat abstrak.
7 Unsur-Unsur kebudayaan:
1. bahasa
2. sistem pengetahuan
3. organisasi sosial
4. sistem peralatan hidup dan teknologi
5. sistem mata pencaharian
6. sistem religi
7. kesenian




                                      KAITAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

                   Hubungan manusia dan kebudayaan adalah manusia sebagai prilaku kebudayaan, dan kebudayaan merupakan objek yang di laksanakan manusia.
Contoh-contoh kaitan manusia dan kebudayaan:
1. Kebudayaan-kebudayaan khusus atas dasar faktor kedaerahan.
    Misalnya: Adat istiadat melamar di lampung dan minangkabau. Di minangkabau biasanya pihak perempuan yang melamar, sedangkan di lampung pihak laki-laki yang melamar.
2. Cara hidup d kota dan di desa yang berbeda.
    Misalnya: Anak kota bersikap lebih terbuka dan berani untuk menonjolkan diri di antara teman-temannya, sedangkan anak desa lebih mempunyai sikap percaya pada diri sendiri dan menilai sikap orang lain.
3. Kebudayaan-kebudayaan khusus kelas sosial.
    Misalnya: Cara berpkaaian, etiket, pergaulan, bahasa sehari-hari dan cara mengisi waktu senggang. Masing-masing kelas mempunyai kebudayaan yang tidak sama, menghasilkan kepribadian yang tersendiri pula pada setiap individu.
4. Kebudayaan khusus atas dasar agama.
    Misalnya: Adanya berbagai masalah di dalam satu agama pun melahirkan kpribadian yang berbeda-beda di kalangan umatnya.
5. Kebudayaan berdasarkan profesi.
    Misalnya: Kepribadian seorang dokter berbeda dengan kepribadian seorang pengacara, dan itu semua berpengaruh pada suasana kekeluargaan dan cara mereka bergaul.


                                                      Nama: Basuki Hady
                                                      Kelas: 1KA27 
                                                      NPM: 18111482

Tidak ada komentar:

Posting Komentar